KPU Bali Sosialisasikan Pemilu ke Wartawan

Blog Single

Denpasar (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bali melakukan sosialisasi pemilu kepada wartawan di kantor KPU setempat di kawasan Renon Denpasar, Sabtu (10/1).

 

Sosialisasi ini dilakukan untuk memberi pembekalan kepada wartawan mengenai seluk beluk pemilu legislatif. Sekitar dua puluh wartawan dari media cetak dan elektronik mengikuti acara tersebut.

 

"Melalui sosialisasi ini KPU Bali berharap wartawan juga akan  mensosialisasikan pemilu dalam pemberitaan di media," kata Ketua KPU Provinsi Bali, I Ketut Sukawati Lanang Perbawa.

 

Ia mengatakan pembekalan ini sangat penting bagi wartawan agar lebih memahami tata cara pemilu.

"Dengan adanya pembekalan ini diharapkan media massa dapat menyiarkan berita kepada masyarakat," katanya.

 

Sosialisasi itu dilakukan langsung oleh Ketua KPU Provinsi Bali, I Ketut Sukawati Lanang Perbawa dan anggota Dewa Raka Sandi.

 

Materi yang disosialisasikan antara lain  hak dan kewajiban para peserta pemilu seperti tata cara pemilihan dengan metode mencontreng, tata cara pembagian kursi bagi partai politik dan tata cara penetapan calon legislatif yang berhak duduk di kursi dewan. 

  

Selain itu, KPU Provinsi Bali juga mensosialisasikan aplikasi dan implikasi dari keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terhadap tata cara penetapan calon legislatif berdasar suara terbanyak.

 

Di Provinsi Bali terdapat 2.666.419 pemilih yang terbagi dalam sembilan daerah pemilihan. Kesembilan daerah pemilihan tersebut adalah Denpasar, Badung, Tabanan, Jembrana, Buleleng, Bangli, Karangasem, Klungkung dan Gianyar.

 

Sedikitnya 4.924 calon anggota legislatif (caleg) dari 36 partai politik akan mengikuti pemilu di Bali. Mereka akan memperebutkan 390 kursi di DPRD tingkat kabupaten dan provinsi.

 

Di Bali sendiri terdapat sedikitnya 8.401 tempat pemungutan suara yang tersebar di 712 desa atau tingkat PPS dan 57 kecamatan atau tingkat PPK. (*)

Berita Terkait: